Menu
Muhammad Harizon

Liburan Semester dan Tahun




Liburan Siswa Bisa Mengubah Semuanya

Sebentar lagi para siswa kita atau putra-putri kita yang saat ini belajar di pesantren akan menjalani masa liburan akhir tahun. Bagi kita yang menjadi pengasuh atau ustadz di pesantren tentu akan muncul perasaan dag dig dug sekaligus berharap semoga mereka tetap istiqamah di dalam menjalankan kebiasaan-kebiasaan positif selama masa liburan d rumah. Sedangkan bagi kita para orang tua, ini momen yang sangat menyenangkan bertemu kembali putra-putri tercinta. Sudah banyak rencana untuk mereka dan banyak tempat yang akan kita kunjungi untuk menyenangkan mereka. Sebagai bentuk “balas dendam” bahwa kita tidak bisa melayani mereka selama mereka belajar di pesantren.

Bersyukurlah bagi kita yang menjumpai para siswa tersebut selama masa liburan di rumah menunjukkan  sikap-sikap yang baik  bahkan lebih baik daripada sikap mereka di pesantren. Mereka masih menjaga shalat jamaahnya, tilawahnya, dan selalu ringan tangan untuk membantu kedua orangtuanya namun jika memang kondisi menunjukkan sebaliknya, mereka mulai kehilangan shalat jamaah dan tilawahnya serta malas membantu orang tua dalam pekerjaan rumah, tetaplah tenang dan mari kita mencoba menganalisa mengapa mereka bisa bersikap demikian?. Ada beberapa hal yang nampaknya dapat kita jadikan sebagai bahan analisa sikap mereka tersebut, di antaranya :

1. Beberapa santri memandang bahwa kehidupan di pesantren laksana hidup di penjara penuh dengan aturan dan hukuman. Dengan pemahaman ini maka mereka berpendapat bahwa masa liburan adalah masa kebebasan mereka dari kehidupan penjara. Mereka cenderung bersikap bertolak belakang dengan apa yang biasa mereka lakukan selama di pesantren. Kondisi ini diperparah dengan paradigma orang tua bahwa “biarkan anak-anak menikmati liburan mereka sebebas mungkin, toh sebentar lagi mereka akan kembali ke pesantren”. Menghadapi pemahaman yang salah ini tentu pihak pesantren harus menjelaskan baik kepada para siswa maupun kepada orang tua, bahwa liburan justru masa untuk membuktikan diri mereka bahwa selama di pesantren mereka telah belajar banyak kebaikan, dan ini saatnya mempraktekkannya.
2. Beberapa siswa melakukan kebiasaan yang baik di pesantren baru sebatas karena diperintah oleh agama atau oleh peraturan pesantren, belum pada manyadari pentingnya kebiasaan tersebut dan apa manfaatnya bagi mereka. Dengan kualitas pemahaman yang seperti itu tentu mereka belum mempunyai pendorong dari dalam diri mereka untuk selalu melakukan kebiasaan tersebut kapanpun dan di manapun. Di sinilah tantangan muncul bagi pesantren bagaimana memberi pemahaman yang kuat pada diri siswa dan membangun kebutuhan akan pentingnya kebiasaan-kebiasaan positif tersebut.
3. Beberapa siswa melakukan aktivitas yang baik di pesantren karena faktor lingkungan. Ada ustadz dan kakak kelas yang selalu memberi contoh yang baik tersebut dan teman-teman yang selalu mendorong untuk melakukannya sementara saat mereka di keluarga tidak mendapatkan hal-hal di atas. Tentu tantangan ini harus berani dihadapi oleh para orang tua untuk membangun kesepakatan di hari pertama liburan bahwa selama masa liburan ada beberapa aktivitas yang harus tetap dilakukan oleh anaknya seperti membaca Al-Quran, shalat berjamaah di awal waktu dan lain-lain. Walaupun beberapa aktivitas yang lain bisa mereka tinggalkan seperti mencuci pakaian sendiri karena ada laundry bahkan selama liburan mereka juga harus menunjukkan beberapa aktifitas baru sebagai bentuk hormat dan taat kepada kedua orang tua. Mari kita para orang tua membantu anak kita dengan menyediakan lingkungan di rumah yang memastikan mereka tetap baik seperti di pesantren.
4. Saya banyak mendapatkan data yang luar biasa dari para orang tua yang putra-putrinya mondok, bahwa ada perubahan yang terjadi saat anaknya mulai memegang gawai selama mereka liburan. Masalah keengganan mereka untuk membantu orang tuanya, shalat dan aktivitas selalu disuruh-suruh, dan menghindar untuk berinteraksi dengan tetangga bahkan saudaranya. Kondisi ini tentu dapat diminimalisir dengan membangun kesepakatan saat anak menerima gawai tersebut untuk pertama kalinya. Kesepakatan tersebut dapat berapa waktu penggunaannya, konten yang boleh diaksesnya, sikap-sikap menggunakannya dan lain-lain. Liburan santri adalah masa istirahat, mari kita kembali kepada definisi tentang “istirahat” adalah pergantian aktivitas bukan “bebas” dari aktivitas.



Griya Parenting Indonesia 




Muhammad Harizon

No comments